Kalo ngomongin masalah di Jakarta, kaya'nya ga jauh dari soal macet harian (alias ga kenal hari) sama banjir. Mungkin masalah banjir sekarang udah rada mendingan setelah ada banjir kanal, atau kalo kata pejabat Pemda kalo masih kebanjiran juga paling cuma genangan air karena drainase yang gak lancar (klasik nih). Tapi kalo masalah macet, buset deh susah banget kelarnya.
Coba diliat lagi kenapa bisa macet? ada yang bilang pembangunan infrastruktur yang ga berkesinambungan (jalan), ada juga yang bilang kebanyakan kendaraan. Kalo jalanannya kurang, apa mungkin mau ditambah bikin jalan kalo hasilnya bakal macet lagi? yang jelas namanya macet (apalagi sampe stuck) pasti gara-gara kebanyakan kendaraan. Kalo ditambah ruas jalan, mau dilebarin apa di bikin tingkat ga bakalan bisa cukup, la wong kendaraannya nambah terus tiap hari. Yang pasti biar ga macet ya kendaraannya dibatesin. Maksudnya bukan seperti rencana pemerintah yang bikin hari beredar kendaraan pake pemisahan plat nomer genap dan ganjil (ini sih keenakan yang punya kendaraan banyak bisa ganti-ganti terus), tapi dibatesin jumlah kendaraan beredar dari segi penjualannya.
Emang ada pihak yang jadi korban, marketing kendaraan sama investor PMA yang punya pabrik kendaraan. Dan kenyataannya keliatan pemerintah ga berani ambil keputusan ini, soalnya kalo kata orang bule jadi "chain reaction". Indonesia butuh investor pabrik kendaraan apalagi yang padat karya soalnya banyak menyerap tenaga kerja (tapi kasian ya yang diserap mayoritas cuma buruh pabrik doang) jadi bisa bikin laporan tahunan yang pake isi "persentase pengangguran di Indonesia menurun", kan daya tarik laporan ada di tingkat pengangguran yang rendah.
Jadi kalo gw pikir liat lagi tujuannya mau kemana, kalo pengen ga macet ya batesin (kurangin) tuh kendaraan yang beredar. entah mau di besi tua utk yang umurnya lawas, apa mau dibikin kaya' Singapura yang harga kendaraannya bujug buneng, apa diwajibkan bikin asuransi all risk yang harganya lumayan, atau diwajibkan punya deposit account senilai harga mobilnya.
Kalo gw kaya'nya lebih setuju option terakhir tentang deposit account. Jumlah depositnya bisa berkurang jika:
1. Kendaraan menabrak dalam posisi yang salah (jadi ga ada lagi alesan kalo ga nabrak ya ditabrak, and udah jelas nih alesan klasiknya orang ga mau tanggung jawab)
2. Kena tilang (jadi ga ada cerita damai ditempat, and otomatis pada dapet dendanya slip biru).
Untuk point 1, masalah kriteria benar dan salah ketika berlalu lintas yang sesuai sama peraturan lalinnya polisi (soalnya aja ada waktu ujian tertulis, masa' text booknya ga ada?). Utk point ini deposit account berkurang untuk dibayarkan pada pihak yang dirugikan sesuai jumlah yang tertagih (kalo kendaraan pake kwitansi bengkel resmi, kalo orang pake kwitansi RS atau Puskesmas).Bisa jadi ikut dibayarkan buat negara jika saat terjadi kecelakaan ada fasilitas lalu lintas dan umum yang ada yang rusak.
Point 2, emang masalah damai sih rada susah, sebenarnya orang mau damai kan biasanya gara-gara males prosedurnya nunggu tanggal sidang rame-rame sama lokasi sidang yang disesuaikan dengan lokasi kejadian, padahal belum tentu yang kena tilang orang daerah situ. Gak salah sih sama masalah lokasi sidang emang paling ga sebaiknya diwilayah kejadian perkara. Masalahnya kan orang yang kena tilang domisilinya kejauhan, atau gak bisa ninggalin kerjaan / pelajaran, makanya pada milih damai. Personal kan? emang ada juga aparat yang sengaja cari-cari kesalahan (soalnya pernah sampe ditanyain bawa P3K, sampe akhirnya tutup pentil ban ga ada. edan ga tuh?). Kalo masalah nominal yang dibayar, pake slip biru atau denda normalnya (yang kesalahan wajar-wajar aja) ga beda jauh sama damai. Jadi kalo point 2 diterapkan harapannya bisa menghilangkan/mengurangi damai ditempat dan kebocoran negara, ekspektasi alternatif lainnya biaya damainya ikut turun jadi 10,000 perak, wkwkwkwk.
Bagaimana aplikasinya di Jakarta khususnya? bisa aja kalo mau jalanin. Langkah-langkahnya: masa gw juga yang mikirin? udah kepikiran sih, tapi untuk apa? la wong gw ga punya wewenang untuk nerapin ini ko'. Yang jelas kalo Pemerintahnya mau, tinggal ngerapihin detailnya doang biar smooth.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar